Selasa, Maret 22, 2005

Blog Bang Ben

Aye baru aje bikin blog Bang Ben. Saat ini blog tersebut hanya menampilkan lagu-lagu bang Ben. Ya hitung-hitung sebagai perwujudan cinta saya terhadap Budaya Betawi dan alm. H. Benyamin Sueb.

Oke deh, dengan ini saya nyatakan Blog Benyamin Sueb diluncurkan ;-) Kalau ingin menyumbang teks lagu-lagu almarhum Bang Ben silahkan kirim ke saya di adi[dot]wahyu[at]gmail[dot]com

http://benyamin-sueb.blogspot.com
Blog tersebut tidak akan diupdate lagi.

Update: Supaya postingan dapat mencakup lebih luas budaya betawi, maka saya buat blog lagi betawi.blogsome.com. Di dalamnya terdapat berbagai macam hal yang berhubungan dengan budaya Betawi.

Jumat, Maret 18, 2005

Seandainye DPR kayak Tukang Becak

Tukang beca Bang Samiun
Terkenal gemar berpantun
Genjot sambil melamun
Cari muatan di statsiun
Ada muatan sepasang
Datang dari Pariangan
Naek becak dan berdendang
Sambil petik kecapi di tangan

Tukang becak takjub lupa minggir dan berpaling
Dari blakang eh disruduk sebuah mobil
terguling-guling gediblek nyungsep akiaoooo

Tukang becak marah-marah
Hendak menyiapkan kawan
Untung dapat disadarkan kawan
Dalam rasa persatuan

Sabar sabar!

Tuh, Bang Samiun nyang udeh ditabrak mobil aje masing bise besabar. Katanye wakil rakyat? Udeh sekoleh tinggi-tinggi betingkeh lagunye anak SD. Ame Bang Samiun kalah martabat? Mikirinnye makan martabak aje sih! Malu aye punye bangse :(

Kamis, Maret 17, 2005

Superfriendster

I came across many improvements on friendster. One of the new features is superfriendster. It's a new way to get new members or friends. Well, weblog, chat, and discussion are the other features that currently I have not tried yet.

Okay then, let's try superfriendster out and be my friends ;-)

Minggu, Maret 13, 2005

Kangen Ame Bang Ben

Biar babe aye Jawa Tulen dan Ibu Sunda aseli, aye lahir di tanah Betawi dan cinte mati ame Budaye Betawi dan tentu aje almarhum Benyamin Sueb. Ceritanye aye lagi rindu ame beliau nih dan nostalgie dikit inget-inget waktu aye masih jadi bocah ingusan nyang kalo maen kagak pernah make alas kaki alias nyeker.

Iye, Bang Ben sedikit banyak udeh mempengaruhi aye dalam mencintai budaye Betawi. Buat sohib-sohib nyang belom kenal betul ame Bang Ben boleh diliat biografi singkatnye di Tempo.

Pacaran jaman dulu
Dari film Tarzan Kota, ada di benyamin.multiply.com

Asyik ye? Jamannye bang Ben mude, kagak ade istileh apel itu kudu nonton bioskop, jalan-jalan di mal, makan di kafe, maen di Dufan, apelagi nyampe nge-blog kasmaran. Pokoknye irit kagak usah ngeluarin doku atawa fulus buat naek andong, ngisi bensin, naek helicak, ame bayar pulse. Liatin deh Bang Ben ame Mpok Ide. Cukup bawa buah-buahan terus gelar tiker. Maklum kebun masing luas. Kalo haus tinggal nyari tukang bajigur. Aduh sedapnye... Resikonye paling kena ujan aje. Biar udeh nyiapin payung kaki bakal belepotan kena tanah yang debel. Ame kudu ati-ati ame Hansip nyang ngeronde. Tuh orang doyan ngintip, gangguin, ame kekian. Pade kagak bise seneng liat orang bahagie. Bawaannye sirik. *Ups kagak nyambung same topik, sok tau lagi*

Selain piyawai maen pelem, beliau juga gape nyanyi. Menurut aye lagu-lagunye Bang Ben sederhana, lucu, seger, dan mencerminkan budaye Betawi saat itu. Aye juga demen kalo beliau duet ame mpok Ide. Biar kate Bang Ben ame Mpok Ide bukan suami istri, buat aye mereka jodoh. Kalo mereka udeh nyanyi klop betul dah. Salah satu judulnye nyang aye terus kesengsem sampe sekarang adaleh Begini Begitu. Lirik lagunya hanya ade dua kate. Begini ame begitu. Mpok Ide ngotot bilang "begini" sedangkan Bang Ben ngotot bilang "begitu". Duh lucunye.

Ade lagi nih, lagu nyang nyeritain hari resepsi nikahan suami isteri. Judulnye Penganten. Aye kutipin aje ye liriknye.

"Bang Mamat nape duduk bengong aje? Malu dong tetamu pade ngeliatin aje."
"Duh, Mineh. Ati Abang deg-degan. Rasenye badan abang pada dingin."
"Bang mamat e kenape tampangnye jadi pucet?"
"Nggak kenape-nape Abang ngga bisa bilang."
"Entar dikate ape penganten sedih aje."
"Sedih bukannye sedih rase dibakar api."
"Siapa tuh yang ngeliatin aye. Tetamu kenape merongos aje (aih)?"
"Duh, Mineh. Abang minta ampun aje. Yang dateng sebenarnye bini gue..."

Begimane, udah mulai jatoh cinte belom? Oh iye, sebelum ditutup, ini aye tampilin lagi Bang Ben lagi maenan Aer. Tampang desa rejeki kota.

Inget sodare-sodare, Bahase Betawi aye masih caur. Harap maklum!

Jumat, Maret 11, 2005

Pet A Cat!

Knocked Out
The super duper lazy Mudreg.

You may believe it or not, but I found these interesting facts

Owning a cat can lower your blood pressure, cut your cholesterol level, and possibly even save you from a heart attack. According to a University of Pensylvania study, doctors found that petting a cat can reduce both a humans's heart rate and blood pressure. Researchers have also shown that the survival rate for heart patients with pets is considerably higher than for those who have no animal companionship.

From "The Big Book of Cats. Fun Facts, Fascinating, Anecdotes, and Quotations about Felines" from Gramercy Books New York.

Mighty Mudreg
The mighty Mudreg...

Kamis, Maret 03, 2005

Aku Kucing Bahagia

Maaf sodara-sodara sudah cukup lama saya tidak menampakkan diri. Ya lagi sedikit JAIM, bolehkan ya ;) Emangnya orang aja yang bisa, kucing juga boleh dong. Hi Gizmo, Chiko, Nico dan Las Saputra Sinchan, Pokemon! Aku juga kangen sama kamu kok ;)

Terus terang, aku sekarang lagi suka maen sama pacar baruku. Jadi jarang pulang. Pulang kalo mau makan aja. Oh iya, aku sedang bahagia nih. Aku akan jadi BAPAK!!! Pacarku hamil. Oh senangnya hatiku. Aku gak usah pusing mikirin makan anak-anakku nanti. Masak sih bosku tega gak kasih makan anak-anakku. *Kaabuuuurrr gue dijitakin dan ditimpukin sama Wahyu*

Mimpi
Eh ini aku lagi mimpi lagi maen-maen sama pacarku nih. Kakiku ikutan lari-lari dan lidahku jilat-jilat sendiri. Asik deh :D

Rabu, Maret 02, 2005

TKI

Betapa mirisnya melihat saudara-saudara kita para TKI di luar negeri yang mencari nafkah bagi dirinya dan keluarganya.

Sungguh berat perjuangan mereka. Ditipu agen, dianiaya majikan, dibunuh, dilecehkan, dianggap budak, diperkosa, tidak dibayar upahnya, dicambuk, dihukum gantung, ditipu oleh mafia bandara ketika kembali ke tanah air, aaarghh terlalu banyak untuk dituliskan satu persatu di sini.

Bersyukurlah kita yang tidak harus mengikuti langkah para TKI dalam mencari nafkah.