Nomor 81 dari 100

Berdasarkan survey yang dilakukan Mas Priyadi, blog saya menempati urutan ke-81 dari 100 blog paling top milik orang Indonesia dan berbahasa Indonesia. Gak nyangka juga ya bisa masuk 100 besar. Padahal pada awalnya mayoritas postingan blog ini berbahasa Inggris. Lagipula, saya termasuk pasif jalan-jalan melihat blog-blog lainnya. Kalau pun jalan-jalan jarang sekali saya meninggalkan jejak berupa komentar baik di artikel yang diposting maupun di shoutbox pemilik blog.

Mas Priyadi dalam menuliskan daftar peringkat tersebut menggunakan teknologi dari Technorati. Adapun berikut ini adalah beberapa penilaian tambahan berdasarkan rujukan beberapa situs lainnya. Point SiteScore saya adalah 8.2 yang dirujuk dari situs silktide. Sedangkan point PageRank google blog ini adalah 4.

Seandainya Mas Priyadi melakukan survey lebih mendetil dan memasukkan lebih banyak kriteria dalam memberikan penilaiannya, saya rasa blog ini susah masuk 100 besar. Satu lagi, sebenarnya ada berapa sih jumlah blogger Indonesia? Sudah ada yang melakukan survey? Kalau blogger Indonesia ada 101 jadi lucu juga dengan peringkat 100 besar tadi. He he he...

Terlepas dari peringkat 100 paling top, sebenarnya saya sudah bersyukur dapat menuliskan atau mengekspresikan pemikiran dan ide dengan bebas di media blog ini.