Damailah Selalu!

"Gila, akhir pulang juga loe Ray. 2 tahun man 2 tahun..!" *nepuk-nepuk pundak Array dengan penuh semangat*

"Hi hi hi kenapa loe heboh banget!"

"Kurus banget, malah begengan elo daripada gue nih? Makan apa aja sih di hutan?" *ngeliat heran wajah Array yang pucat ditambah tulang pipi menonjol dan mata sedikit cekung*

"Biasa aja lagi... paling Celeng, Ular, Ayam, mau nyoba? Enak gila hihihi!"

"Gimana perasaan elo perang sama sodara sendiri di Aceh man?"

"Pedih perih Yu! Pengalaman pertama gue bunuh orang GAM bikin gue gak bisa tidur 2 hari. Gak mikirin terus istri sama anak-anaknya. Gue stress berat apalagi sesama Muslim."

"Gile loe sadis juga. Ngomong-ngomong selama perang 2 tahun ini sudah berapa nyawa dah loe sikat?"

"Mana sempet gue ngitung Yu! Banyaklah... Gue pertamanya terpaksa nembak mereka daripada gue ditembak dulu! Alhamdulillah gue sebagai komandan sangat bersyukur. Biar jadi pasukan pemukul yang masuk-masuk hutan gak ada satu pun anak buah yang mati kena peluru. Ada satu orang meninggal tapi itu gara-gara sakit Malaria."

"Wah gile loe dah jadi pembunuh berdarah dingin."

"Keadaan man keadaan. Lagian loe pasti bakal nangis kalo gue balik ke Jakarta tinggal nama doang. Ngaku dah loe!"

"Iya sih, anak-anak juga kangen banget sama elo Ray! Pas ada tsunami hampir tiap hari kita-kita nelponin bokap nyokap elo cuman pengen mastiin elo selamat."

"Wah waktu itu gue lagi di gunung masih ngejar GAM."

"Untung deh loe, sekarang gimana? Gak ke Aceh lagi kan?"

"Sapa bilang? Kalo perjanjian gagal pasukan gue bakal yang pertama dikirim balik ke sana."

"Hayooooo! Udah deh jangan lagi. Sampe kapan mau damai nih Indonesia. Lagian Aceh dah ditimpa bertubi-tubi musibah. Gak bisa bayangin kalo perjanjian MOU GAM-RI gagal."

"Gue sebagai prajurit pasti seneng lah Aceh damai, gue gak usah perang sama sodara sebangsa dan seagama. Energi yang dipakai buat perang mending buat membangun."

"Ha hahaha... dasar tentara otaknya berbakti sama nusa bangsa melulu hahaha...!!!"

Hehehe.. daripada elo gak berbakti sama siapa-siapa. Sama orang tua masih berbakti gak loe? Jangan-jangan durhaka luh!"

"Kapan balik ke markas di Malang Ray?"

"Minggu depan, tapi besok gue ke Bandung mau ketemu Bokin hehehe"

"Anjrit... mentang-mentang dah mau merrit kagak sabar aja nih bawaannya!"

"Normal man normal.....!"

"Rencana elo di Malang?"

"Gue mau sekolah lagi Yu. Mau ngambil S1 nih. Doain ya. Lulus Akabri aja gak cukup. Gue perlu ilmu!"

"Yakin loe! Hebat gue dukung Ray!"

"Ya kalo gak ada perang lagi Insya Allah gue ambil S1. Kalo perang ya harus dibela lah"

"Udah lah mudah-mudahan kagak ada lagi perang. Kita-kita udah lelah dengan segala pertikaian antar bangsa. Capek!"

"Hehehe cie sok patriotik!"

"Gak terasa dah jam 11 malem nih, gak enak gue balik orang-orang rumah dah pada tidur."

"Oke deh Yu, salam ya buat anak-anak GC. Sorry banget gue gak bisa nemuin mereka cuti gue sebentar banget dan bini gue di Bandung dah marah-marah minta dijenguk!"

"Sip bro... salam ya buat calon elo. Biar cepet yak!"

"Bye!"

"Wa'alaikumussalaam"

Gak pernah bisa membayangkan kehilangan seorang sahabat karib yang gugur di medan perang. Zamannya gak ada penjajah lagi kecuali di Palestina dan Irak sepertinya aneh aja kok bisa tewas di medan perang? Mana perang lawan saudara sebangsa dan seakidah. Array, Jebag semoga elo berdua bisa selamat dan kita dapat terus bersama sampai kita beranak cucu dan jika memang harus mati jangan mati di medan perang apalagi peperangan melawan bangsa sendiri.

Semoga cita-cita elo berdua kuliah S1 bisa terwujud sukur-sukur sampai S3 seperti pak SBY. Menjadi prajurit yang cerdas yang membela rakyatnya.

Sampai ketemu lagi di pesta pernikahan nanti friends!