Nyaman dan Hemat dengan RSS

Setelah dikasih wejangan dari abang seniman ini dan membaca tentang tips RSS di blog bapak kita semua, saya jadi ingin berbagi tip sekaligus menambahkan tentang cara yang mudah dan nyaman membaca blog-blog favorit kita. Tapi sebelumnya saya mohon minta maaf, apabila ternyata topik ini pernah dibahas seseorang dalam Bahasa Indonesia. Maklum jarang jalan-jalan sih :)

Well, kita mulai dulu dari definisi RSS aja ya. RSS merupakan singkatan dari RDF Site Summary. Sedangkan RDF sendiri singkatan dari Resource Description Network yang merupakan turunan XML dan digunakan untuk menjelaskan metadata. Nah metadata itu apa sih? Metadata itu ya data yang menjelaskan data juga. Hehe tambah bingungkan? Udah deh, back to topic, intinya RSS adalah sebuah format yang berisi rangkuman sebuah situs.

Lalu apa gunanya RSS itu? Seperti yang diterangin oleh Pak Enda, RSS memanjakan kita dalam membaca situs-situs atau blog-blog favorit kita. Kita tidak perlu mengunjungi situs-situs tersebut satu persatu. Cukup baca rangkumannya saja. Hemat waktu, bandwith, dan biaya tentunya.

Jika Pak Enda menggunakan BlogStreet guna merangkumkan halaman2 favoritnya. Di sini saya ingin menambahkan cara lain memanfaatkan RSS menggunakan tool-tool freeware. Yup, kita cukup memakai browser Firefox rilis terbaru dan RSS feed Client bernama Abilon.

Sekarang, gimana sih caranya mengetahui apakah suatu situs memiliki fasilitas RSS atau tidak? Gampang aja kok, biasanya mereka memiliki link url dan logo RSS pada halaman depan mereka. Sebagai contoh adalah blognya Pak Enda ini

link dan logo RSS Feed

Di sana terlihat dengan jelas tiga macam RSS dari versi 1.0 hingga versi atom. Detil ketiga versi tersebut tidak usah dijelaskan. - Jadiin PR aja ya, Ingat! Kumpulin besok sebelum pelajaran pertama dimulai!

RSS link di wired.com

Nah, di atas adalah contoh lain dari indikasi RSS dari situs Wired. Jadi, kalau ada indikasi RSS di suatu situs, berarti situs tersebut memiliki fasilitas RSS feed.

Tapi, ada juga loh, sebuah situs memiliki fitur RSS tapi enggak keliatan link atau logonya - Bisa jadi mata kita lagi siwer atau emang si webmaster gak nampilin. Jangan khawatir, dengan browser Firefox maka indikasi RSS suatu situs dapat langsung dilihat - karena posisinya sudah pasti berada di pojok kanan bawah. Ini nih gambarnya.

Indikasi RSS pada Firefox

Oke, lanjut ya? Langkah selanjutnya adalah mengambil rangkuman situs atau RSS kita ke dalam penampungannya. Nah penampungannya bisa ada macam-macam. Mulai dari browser open source Firefox hingga client RSS feeder canggih nan mahal. Karena keterbatasan biaya dan software yang dimiliki, jadi di sini hanya dibahas Mozilla Firefox dan Abilon.

Untuk Firefox, langkah pertama adalah dengan subscribe RSS sebuah fitus dan memasukkannya ke dalam bookmark. Klik icon RSS di pojok kanan bawah Firefox kemudian pilih subscribe ke 'RSS' atau 'Atom' (tidak semua situs mendukung semua versi RSS. Tenang! Firefox sudah mendukung semua versi RSS kok).

Subscribe RSS di Firefox ke dalam Bookmark

Maka akan muncul kotak dialog "Add Bookmark". Dari situ, silahkan masukkan ke dalam kategori bookmarknya masing-masing.

Add Feed sebagai Bookmark

Beres deh, kita tinggal membuka direktori Bookmark untuk mengetahui judul beberapa post terakhir dari situs favorit. Tinggal klik Bookmark di menu bar. Pada gambar di bawah adalah judul beberapa post terakhir dari blognya Pak Enda. Kita tinggal klik judul terbaru (ada di paling atas) atau yang menarik.

Hasil agregator Firefox

Gampang kan? Sekarang kita lanjut ke cara memanfaatkan Abilon News Agregator. Kalau belum punya download dulu aja ya. Biar lebih singkat, cara instalasi enngak dijelasin biar jadi PR lagi, :D.

Setelah sukses install Abilon, kita cukup membuat group baru atau Feed baru. Maka Abilon akan mengambilkan rangkuman suatu situs secara automatis untuk kita.

Klik File -> New -> Feeds Group untuk membuat group Feeds. Misalkan Buat group Feeds untuk Webblog.

Membuat Feed Group di Abilon

Masih berada di group Weblogs, kemudian klik File -> New -> RSS or Atom feed untuk mendapatkan news feed yang diinginkan.

Membuat Feed Atom di Abilon

Kalau sudah, tunggulah beberapa saat. Biarkan Abilon bekerja dan bingo! Inilah hasilnya.

Selamat mencoba, semoga jadi bersemangat membaca informasi yang bertebaran di Internet sambil menghemat waktu, bandwith, dan biaya. Mohon saran dan kritik apabila dalam penyampaiannya terdapat kesalahan.

Pesan untuk media-media Indonesia. Ditunggu nih aplikasi RSS-nya, biar kita-kita bisa menikmati liputan beritanya dengan nyaman dan hemat ;)

Tambahan:

Ternyata Mozilla juga membahas artikel Live Bookmarks yang isinya sama dengan artikel ini. Ada tipsnya yang bermanfaat. Liat ya ;)