Mau Sehat dan Prima? Ya Disiplin!

Alhamdulillaah, saya bersyukur diberi karunia jarang sakit. Tetapi memang saya akui, hidup di zaman sekarang, stamina jika diforsir maka tubuh akan mudah capek. Akibatnya kerja gak semangat, mikir gak lancar, dan susah konsentrasi sama pekerjaan. Intinya, kalau cuman sehat tapi stamina gak bagus akhirnya efektivitas kerja kita gak optimal.

Badan saya pun "ringan". Saya juga dah biasa dapat komentar penuh perhatian yaitu "kekurusan". *senengnya ternyata memang banyak loh yang perhatian sama saya :-D*. Berkat perhatian itu, lama-lama timbul juga motivasi untuk mengisi badan supaya terlihat lebih segar.

Berbagai cara saya lakukan agar bobot badan bertambah. Mulai dari fitnes di gym sampai makan sebanyak-banyaknya. Ternyata itu semua gak berhasil. Olahraga di gym bukannya badan tambah gede tapi malah pegel-pegel. Akhirnya saya gak ke gym lagi. Makan banyak ternyata bukan jadi hobi buat saya. Oke, bisa aja makan banyak di pagi hari, ternyata kenyangnya lama. Akibatnya pas jam makan siang, makan siangnya jadi sedikit. Biasa jarang makan sore, kalau sore-sore dah makan malamnya jadi kenyang.

Akhirnya saya sudah menemukan formula yang manjur buat diri saya pribadi. Kata kuncinya harus disiplin! Yup, disiplin terhadap waktu tidur, makan, olahraga, dan selalu berfikir positip.

Program yang saya lakukan adalah:

  1. Bangun pagi (maksimal jam 5 subuh)
  2. Olahraga pagi secukupnya (biasanya habis sholat subuh langsung joging lari keliling komplek dan cukup 30 menit aja)
  3. Minum jus buah sehabis olahraga
  4. Porsi makan lebih banyak tapi tidak berlebihan dan on-time
  5. Minum susu (yang jelas buka L-Men gain weight atau Appeton, soalnya saya gak cocok, jadi mules-mules)
  6. Mengurangi makan daging (sapi, kambing, dan ayam) dan memperbanyak makan ikan
  7. Mengurangi gula, tidak minum kopi, dan tidak merokok
  8. Tidur 5 hingga 7 jam sehari dan jam 11 malam batas terakhir mata boleh melek :-D (tidak berlaku pas ada siarang langsung sepakbola)
  9. Berfikir positip

Setelah dilakukan kurang lebih 3 bulan, alhamdulillaah berat saya sudah ideal (naik 10 kg). Beberapa teman sampai rekan kerja masih tetep kasih perhatian. Tapi kata-katanya "Mas pipinya kok tambah tembem ya?". Hehe... lucu juga. Fisik pun terasa lebih prima walau sering sampai di rumah larut malam ditambah hari sabtu dan minggu kadang-kadang tetap masuk ke tempat kerja.

Gak tau kalau mau nurunin berat badang. Tapi kalau mau nambah ya kek gitu caranya saya. Mau coba cara saya?