Panen Rambutan dan Met Idul Adha

rambutan rapiahSenengnya bisa panen Rambutan lagi. Maklum pohon Rambutan di halaman depan rumah berbuah hanya sekali dalam 2 (dua) tahun.

Dulu sewaktu saya masih SD sampai SMU kelas 1, bisa dipastikan dalam satu tahun penuh dengan berbagai musim buah-buahan. Mulai dari Rambutan, Duren, Jambu Klutuk, Jambu Air, Pepaya, sampe Singkong (buah bukan sih?). Gak usah beli tinggal metik aja buahnya langsung dari pohon yang tumbuh di halaman rumah. Iya, sebelum tinggal di Depok, rumah saya ada di Jatipadang Pasar Minggu.

Nostalgia dikit gak apa-apa ya. Masih jelas terekam di memory, daerah Pasar Minggu, Jatipadang, Kebagusan, Rawa Bambu adalah daerah buah-buahan. Sebagai anak laki-laki yang bandel (bangga), nyolong Kecapi di kebon orang atau nyabut singkong di halaman tetangga pernah dilakoni. Kalau haus, tinggal nyabut tebu yang tumbuh liar di tanah-tanah tak bertuan (sekarang jadi jalan tol lingkar luar Jakarta). Hari naas pun pernah merasakannya. Hasilnya, tangan sama kaki lecet-lecet kena sambit batu sama yang punya kebon.

Tapi yang paling enak kalau ada warga asli (orang Betawi) lagi panen. Biasanya anak-anak kecil langsung berebutan memungut buah-buahan yang jatuh dari atas. Akibat si pemanen gagal menjaga hasilnya tetap berada di ujung galahnya. Jadi jamannya aku kecil, nyogok itu asosiasinya pasti ke galah, bukan ke pejabat :P hehe. Trus kalau dapet langsung dimakan biar gak diminta sama temen-temen. Pokoknya, Nabung pangkal dimintain.

Satu lagi, kalo musim Rambutan, buah laen seperti Nangka, Duren, dan Cempedak ikutan musim. Kalau diperhatiin, sekarang tinggal rambutan sama durian aja ya. Nangkanya dah jarang apalagi Cempedak. Anyway tau Cempedak gak? Buahnya mirip nangka, dari tampak luar hingga ke dalam-dalamnya. Tapi soal rasa, aku lebih suka Cempedak. Kangen juga makan Cempedak dah bertahun-tahun gak ngerasain lagi. Udah abis kali tuh pohon ditebangin ya?

Saking terkenalnya Pasar Minggu sebagai pusat buah-buahan di Jakarta sampe ada lagunya. Tapi gini nih, karena gak ada bakat musik sama sekali jadi lupa sama lagu anak-anak yang populer waktu daku kecil. Ada yang inget gak? Judul lagunya, siapa yang nyanyi, dan pengarangnya (nanya borongan)? Kalo gak salah sih yang nyanyi mpok Ida Royani dan pengarangnya alm. Pak Kasur. Kira-kira bait lagunya seperti ini :

Pepaya buah pisang jambu
Asalnya dari Pasar Minggu
terusin ayo terusin...
hehehe

Back to topic, nah pohon rambutan sekarang yang ada di halaman rumah jenisnya adalah Rapiah. Jenis ini, rambutnya gak terlalu panjang dan gak terlalu pendek juga alias sedang. Rasanya manis sekali, walau buahnya masih bewarna hijau rasanya sudah manis, dan dagingnya ngelotok. Sedangkan waktu di Jatipadang dulu, punya 3 jenis rambutan. Cipedak, Cipelat, sama Rapiah. Cipedak itu rambutnya panjang, rasanya asem, dagingnya gak ngelotok. Cipedak jauh dari primadono deh. Biar dicolong ame tetangga juga gak ada yang keki :D Nah kalau Cipelat itu hampir sama dengan Rapiah, manis dan ngelotok. Bedanya rambutnya pendek dan kaku. Terus garis tengahnya lebih gelap warnanya (cenderung hijau tua). Buat orang Betawi, yang jadi primadono ya Cipedak dan Rapiah. Harga jualnya jelas lebih mahal.

masih di pohon
Ini dia si Rapiah pas masih gelayutan di puun.

dah pada jatuh
Nah siap disantap deh....

Memetik si Rapiah pun perlu energi ekstra. Selain udah dua tahun gak manjat pohon. Saya pun harus berjibaku dengan semut-semut gatal yang dengan suksesnya menggigit kaki, tangan, leher, sampe pipi. Biar pohonnya cuma satu tapi banyak banget rambutannya. Walhasil, walau udah 3 jam metik tetep gak habis tuh rambutan di pohon. Padahal udah dapet 3 nampan besar. Tapi dua hari kemudian hasil panen habis-bis. Dah dibagiin ke sodara, tetangga, dan temen-temen.

Met Idul Adha

Buat semua yang ngerayain, met Hari Raya Idul Adha ya! Besok siap-siap nyate kambiang nih. Hmm nyummie...!